Sarihusada Dorong Susu sebagai Sumber Nutrisi Penting Lewat Pengembangan Peternak Lokal

Sarihusada Dorong Susu sebagai Sumber Nutrisi Penting Lewat Pengembangan Peternak Lokal
Sarihusada berkomitmen untuk menghadirkan produk susu yang berkualitas, tetapi juga mudah dijangkau masyarakat. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Susu memiliki peranan penting dalam membuat anak tumbuh sehat. Selama proses tumbuh kembangnya, anak membutuhkan nutrisi lewat asupan gizi seimbang yang salah satunya bisa dilengkapi dengan susu.

Hal ini sejalan dengan tema Hari Susu Sedunia yang memiliki peran penting produk susu dalam memberikan nutrisi berkualitas untuk menyehatkan dunia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, jumlah rata-rata konsumsi susu di negara Indonesia sebesar 16,27 kg/kapita/tahun pada tahun 2020.

Rendahnya tingkat konsumsi susu di Indonesia diakibatkan antara lain oleh terbatasnya populasi sapi perah di Indonesia yang menyebabkan rendahnya produksi susu segar.

Dalam momen Hari Susu Sedunia, Sarihusada berkomitmen untuk menghadirkan produk susu yang berkualitas, tetapi juga mudah dijangkau masyarakat, hal ini diwujudkan lewat berbagai inisiatif termasuk dalam hal pengembangan peternak dan koperasi lokal.

Ratih Anggraeni, Head of Climate & Stewardship Danone Indonesia menjelaskan, Sarihusada berkomitmen untuk menjadikan susu sebagai pangan bernutrisi yang mudah dijangkau masyarakat, hal ini dapat tercapai dengan berbagai upaya dan adaptasi yang berfokus pada pengembangan peternak dan koperasi susu lokal juga inovasi dalam pemeliharaan sapi.

Untuk meningkatkan kapasitas peternak dan koperasi susu, Sarihusada menerapkan praktek peternakan yang baik atau good dairy farming practice, serta melakukan inovasi pakan baru yaitu rumput Gama Umami dan mengujicobakan jenis sapi baru yakni sapi jenis Jersey dengan susu yang mengandung lemak dan protein yang lebih tinggi.

"Kami juga melakukan sistem digitalisasi agar para peternak dapat lebih mudah dalam melakukan pendataan tentang kondisi sapi dan produksi susu mereka,” jelas Ratih.

Peningkatan kapasitas yang dilakukan dalam aspek praktek peternakan yang baik, meliputi pengelolaan peternakan sapi perah dan pakan ternak, kesejahteraan hewan, pengelolaan susu segar, biogas, dan perekaman data ternak dan produksi susu secara digital.

Inisiatif Sarihusada dalam mengenalkan jenis sapi Jersey yakni ras sapi perah Inggris berwarna coklat, yang yang diharapkan lebih toleran dengan suhu di kawasan tropis.

Sarihusada Dorong Susu sebagai Sumber Nutrisi Penting Lewat Pengembangan Peternak Lokal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News