Satu Juta Warga Bogor Hilang

Satu Juta Warga Bogor Hilang
Satu Juta Warga Bogor Hilang
BOGOR- Jumlah penduduk Kabupaten Bogor tak lagi sebanyak 5.295.287 jiwa. Angka kependudukan yang dirilis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor di akhir 2012 tersebut diralat. Belakangan, satu juta jiwa lebih di antaranya telah menghilang.

“Kami berpegangan pada data pemutakhiran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). penduduk riil kita ternyata 3.489.223 jiwa,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Subaweh, Rabu (20/3).

Satu juta penduduk yang hilang karena terdeteksi oleh tim verifikasi kemendagri sebagai warga dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda. Beberapa di antaranya bahkan memiliki KTP lebih dari dua atau juga tercatat berdomisili di daerah lain. Walhasil, mereka tak tercatat dalam program rekam E-KTP sebagai warga Kabupaten Bogor secara riil berdasarkan azas domisili penduduk.

Subaweh menjelaskan, fakta tersebut terungkap setelah disdukcapil menyerahkan data penduduk yang merujuk pada survei Badan Pusat Statistik (BPS) di angka 4,8 juta hingga 5 juta jiwa kepada kemendagri, sebagai langkah awal rekam e-KTP. Tim dari Kemendagri kemudian memverifikasi lima juta jiwa warga yang tercatat. Hasilnya, ditemukan banyak yang memiliki KTP ganda atau sudah tercatat di daerah lain.

BOGOR- Jumlah penduduk Kabupaten Bogor tak lagi sebanyak 5.295.287 jiwa. Angka kependudukan yang dirilis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News