Saudi Menolak Berunding soal Kuota Haji

Menag: Indonesia Rugi Rp 800 Miliar

Saudi Menolak Berunding soal Kuota Haji
Saudi Menolak Berunding soal Kuota Haji
JAKARTA – Tertutup sudah peluang Indonesia untuk mendapatkan keringanan dan kompensasi pengurangan pemangkasan kuota haji 2013. Pemerintah Arab Saudi menegaskan bahwa pemangkasan kuota jamaah haji 20 persen untuk seluruh dunia sudah final. Mereka bersikukuh alasannya karena risiko keselamatan dan kenyamanan jamaah haji sendiri.

Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) sebenarnya sudah akan bertolak menuju Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, kemarin. Namun, karena ada penegasan pemerintah Saudi tersebut, SDA dan rombongan yang sedianya terbang sekitar pukul 11.00 kemarin akhirnya batal berangkat.

Dengan posisinya yang sudah di bandara, kuat dugaan jika surat keputusan dari Saudi itu diterima mendadak oleh Menag. Apalagi, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu saat ditemui Jumat lalu (21/6), dengan mantap mengatakan Menag akan terbang ke Arab Saudi untuk melobi.

’’Pihak Arab Saudi secara resmi telah menutup negosiasi dengan Indonesia dan negara-negara lain terkait pemotongan kuota haji 2013,’’ kata SDA.

JAKARTA – Tertutup sudah peluang Indonesia untuk mendapatkan keringanan dan kompensasi pengurangan pemangkasan kuota haji 2013. Pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News