SBY akan Biarkan PKS Terkatung di Sangkar Koalisi

SBY akan Biarkan PKS Terkatung di Sangkar Koalisi
SBY akan Biarkan PKS Terkatung di Sangkar Koalisi
JAKARTA -  Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto mengatakan bola panas kini berada di tangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal itu menyusul nasib Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berseberangan dengan Sekretariat Gabungan (Setgab).

PKS memilih menolak pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2013. Sikap yang diambil PKS berseberangan dengan partai koalisi yang tergabung dalam Setgab.

"Praktis setelah mengambil sikap seperti ini, bola ada di SBY apakah akan mengambil cara ekstrin mengeluarkan PKS atau soft-strategy seperti sangat biasa menjadi pola pilihan SBY dalam mengelola perimbangan kekuatan di koalisi," kata Gun Gun saat dihubungi, Rabu (19/6).

Namun kalau Gun Gun melihat karena pertimbangan tarik ulur kekuatan nyata di DPR, sikap SBY tidak akan berubah. "Dia sepertinya lebih memilih mengambangkan posisi PKS, dan kalaupun ada sanksi saya memprediksi maksimalnya pergantian menteri di antara menteri-menteri PKS," ucapnya.

JAKARTA -  Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto mengatakan bola panas kini berada di tangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News