SBY: Birokrasi, Infrastruktur dan Korupsi Hambat Ekonomi

SBY: Birokrasi, Infrastruktur dan Korupsi Hambat Ekonomi
SBY: Birokrasi, Infrastruktur dan Korupsi Hambat Ekonomi
BOGOR—Meski mengkhawatirkan, krisis ekonomi dunia tidak berpengaruh signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun demikian, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menilai masih ada tiga hambatan utama yang berpengaruh buruk terhadap tumbuhnya perekonomian dalam negeri.

Tiga penghambat tersebut adalah birokrasi yang masih rumit baik ditingkat pemerintah pusat maupun daerah, sarana infrastruktur yang masih kurang memadai untuk masuknya investasi dan terakhir adalah masih banyaknya kasus korupsi.

‘’Kalau tiga penghambat itu kita hilangkan atau kita perkecil, tentu prestasi dan capaian ekonomi kita akan lebih maju lagi,’’ kata Presiden SBY saat membuka rapat kerja pemerintah di Istana Bogor, Jumat (23/12).

SBY pun berharap di sisa waktu pemerintahannya, tiga penghambat tersebut bisa diatasi. Ia pun meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah segera melakukan evaluasi sistem birokrasi. Reformasi birokrasi dinilainya tidak cukup hanya dengan rencana aksi atau memberikan remunerasi.

BOGOR—Meski mengkhawatirkan, krisis ekonomi dunia tidak berpengaruh signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun demikian, Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News