SBY Khawatir Bakal Disingkirkan Anas

SBY Khawatir Bakal Disingkirkan Anas
Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum.
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens menduga kekhawatiran terbesar Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah disingkirkan oleh Ketua Umum PD, Anas Urbaningrum. Sebab sudah pernah ada preseden seorang pembina partai tak bisa berbuat banyak lantaran disingkirkan ketua umum, yakni ketika Gus Dur sebagai Ketua Dewan Syuro PKB justru dikalahkan oleh Muhaimin Iskandar.

Menurut Boni, saat ini sebenarnya Anas sudah menjadi anak yang durhaka terhadap SBY. Namun SBY tak bisa memecat Anas karena khawatir justru akan muncul perlawanan balik.

"Anas seumpama duri dalam daging SBY. Tapi SBY tidak bisa berbuat apa-apa. Nasib SBY bisa sama seperti Gus Dur dan ini yang menjadi kekhawatiran terbesar SBY,” kata Boni dalam diskusi refleksi akhir tahun bertema “Membeda Demokratisasi dan Pemberantasan Korupsi di Indonesia” di Jakarta, Minggu (30/12).

SBY, lanjut Boni, sebenarnya sudah berupaya melengserkan Anas dari posisi Ketua Umum PD dengan memanggil para pimpinan DPD I dan II Partai Demokrat. Namun Boni menilai para pengurus PD di daerah tidak mau menjalankan perintah SBY karena mereka khawatir akan kekuatan Anas yang masih besar.

JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens menduga kekhawatiran terbesar Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News