SBY Marah Soal Asap, Dimana Gubernur Riau?

SBY Marah Soal Asap, Dimana Gubernur Riau?
SBY Marah Soal Asap, Dimana Gubernur Riau?

jpnn.com - JAKARTA--Bencana kabut asap yang berlarut-larut di awal tahun 2014, membuat masyarakat Riau kini dihadapkan pada bencana polusi udara. Indikator polusi sudah memastikan, udara di Provinsi ini berbahaya untuk dihirup. Tidak hanya menyebabkan ISPA, iritasi kulit dan mata, asap juga disebut bisa membahayakan otak.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun menyatakan kekesalannya, pada lambannya penanganan bencana kabut asap di Riau. Padahal ia sudah mengintruksikan seluruh elemen terkait, mulai Pemprov Riau, Pemkab dan Pemko dibantu BNPB serta TNI/Polri, untuk ikut menanggulangi dampak asap. Namun bukannya mereda, bencana kabut asap seolah menjadi-jadi. Jarak pandang terus menurun, hingga Jumat (14/3), jarak pandang di Pekanbaru, Dumai dan daerah lainnya tinggal 50 meter.

Presiden mengaku telah menginstruksikan para menteri terkait di Kabinet Indonesia Bersatu II untuk segera melaksanakan operasi tanggap darurat untuk mengatasi bencana asap tersebut.

"Malam ini saya telah instruksikan lagi agar para Menteri terkait segera lakukan operasi tanggap darurat, dengan gunakan semua cara dan alat," kata Presiden dalam akun twitter pribadinya @SBYudhoyono pada Kamis malam, (13/3).

Presiden mengingatkan agar semua jajaran pemerintah pusat dan daerah bersama-sama menyelesaikan masalah kabut asap tersebut. Presiden menyatakan, ia ingin para pejabat daerah di Riau berdiri paling depan untuk mencegah dan menangani asap tersebut. Ia mempertanyakan mengapa bencana asap ini kembali terjadi. Jika tidak juga beres, maka Presiden SBY akan 'mengambil-alih' pemerintahan untuk penanganan asap yang lebih serius.

"Kalau dalam waktu 1-2 hari ini Pemda Riau dan para Menteri tidak bisa mengatasi, kepemimpinan dan pengendalian akan saya ambil alih," tegas Presiden.

Pasca kemarahan Presiden, masyarakat pun bertanya-tanya, dimanakah Gubernur Riau Anas Maamun dan Wakil Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman?

Anas terakhir muncul di hadapan media, saat meninjau Posko Satgas Tanggap Darurat, Minggu (9/3) lalu. Saat itu ia secara mengejutkan, justru menyatakan kepasrahan atas bencana yang terjadi.

JAKARTA--Bencana kabut asap yang berlarut-larut di awal tahun 2014, membuat masyarakat Riau kini dihadapkan pada bencana polusi udara. Indikator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News