SBY Perintahkan Rano Karno Lantik Wako Tangerang

SBY Perintahkan Rano Karno Lantik Wako Tangerang
Wakil Gubernur Banten, Rano Karno diperintahkan melantik Wako

jpnn.com - JAKARTA - Tanda tannya siapa yang bakal melantik Walikota Tangerang, Provinsi Banten, terpilih pasca penahanan Gubernur Ratu Atut Chosiyah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjawab sudah.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyo telah mendelegasikan wewenang melantik Arief R Wismansyah-Sachrudin sepabagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tengerang yang terpilih kepada Wakil Gubernur Banten, Rano Karno.

"Wakil Gubernur Rano Karno diberikan wewenang melantik Walikota Tangerang. Persetujuan pendelegasian tersebut atas instruksi Presiden melalui Mendagri," kata Djoko Suyanto kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (21/12) malam.

Menurutnya, untuk menindaklanjuti pendelegasian tugas tersebut, Presiden sudah memerintahkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melakukan koordinasi dengan Wagub dan DPRD Banten.

"Sebagai tindak lanjut, Mendagri akan segera berkoordinasi dengan Wagub dan DPRD Banten," tandasnya.

Mendagri Gawaman Fauzi saat dihubungi JPNN.com malam ini, juga membenarkan telah menerima arahan dari Presiden soal pendelegasian tugas tersebut. "Benar, tadi saya sudah mendapat arahan dari Presiden bahwa tugas melantik Wako Tangerang didelegasikan ke Wagub," kata Gamawan.

Menindaklanjuti arahan Presiden tersebut, Mantan Gubernur Sumbar itu sudah menghubungi langsung Ketua DPRD Banten, dan meminta supaya DPRD segera menggelar rapat Badan Musyawarah untuk menentukan tanggal dan hari pelantikan.

"Saya juga sudah hubungi Wagub Rano, supaya menyiapkan diri datang ke Tangerang untuk melantik Wali Kota. Jadi untuk hari dan tanggal pelantikan tentu setelah Banmus menggelar rapat," tandasnya. (Fat/jpnn)


JAKARTA - Tanda tannya siapa yang bakal melantik Walikota Tangerang, Provinsi Banten, terpilih pasca penahanan Gubernur Ratu Atut Chosiyah oleh Komisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News