SBY Prihatin Kematian Akibat Lakalantas Tinggi

SBY Prihatin Kematian Akibat Lakalantas Tinggi
SBY Prihatin Kematian Akibat Lakalantas Tinggi

jpnn.com - JAKARTA -- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (26/1) pagi .

Dalam kesempatan ini Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan istrinya, Herawati Boediono. Selain itu juga hadir Mensesneg Sudi Silalahi, Menpora Roy Suryo dan Kapolri Jenderal Sutarman.

Presiden Yudhoyono dalam kesempatan itu mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi guna mencegah atau setidaknya mengurangi terjadinya kecelakaan berlalu lintas. Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), menurut Presiden, kini telah menjadi perhatian PBB mengingat banyaknya korban jiwa yang terjadi.

"Dunia telah bersepakat untuk melaksanakan gerakan sedunia mencegah kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Demikian juga negara kita," kata Presiden dalam sambutannya di acara tersebut.

Dalam hal ini, Presiden meminta seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi membantu pihak kepolisian, terutama Korlantas Polri agar terus berupaya meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

"Kepada jajaran anggota Polri teruslah meningkatkan upaya untuk sekali lagi mengajak masyarakat luas tertib dan mematuhi aturan-aturan lalu lintas," sambung Presiden.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kapolri mengatakan bahwa organisasi kesehatan dunia di bawah PBB, WHO, telah mencanangkan dekade keselamatan di jalan raya mengingat tingginya angka kecelakaan jalan raya.

WHO mencatat 1,2 juta jiwa meninggal dunia dalam kecelakaan jalan raya setiap tahunnya dan 50 juta orang korban kecelakaan mengalami luka serius dan cacat tetap. Kondisi ini lebih tinggi daripada korban perang. Dalam delapan tahun perang teluk, korban meninggal 1,2 juta jiwa, atau sekitar 150.000 per tahunnya.

JAKARTA -- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News