SBY : Saya Bukan Superman

SBY : Saya Bukan Superman
SBY BerBoedi. Duet SBY - Boediono mendeklarasikan diri sebagai pasangan Calon Presiden dan calon Wakil Presiden di nuansa yang cukup mewah dan meriah di Gedung Sabuga Bandung, Jumat (15/5) malam. Nampak keduanya kompak dengan mengenakan pakaian warna merah-merah.
BANDUNG - Mengapa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya memilih Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono sebagai cawapresnya pada pilpres mendatang? Pada deklarasi pencalonannya tadi malam di gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Bandung, SBY membeberkan sejumlah alasan. Di antaranya, SBY sudah pernah sepuluh tahun bekerja sama dengan Boediono. Termasuk saat Boediono menjabat sebagai Menko Perekonomian di Kabinet Indonesia Bersatu. ''Saya menilai, Pak Boediono adalah muslim yang lurus, jujur, dan sederhana,'' kata SBY saat memberikan pidato politik dalam acara deklarasi tadi malam.

Selain itu, lanjut SBY, Boediono merupakan sosok yang konsisten, toleran, cerdas, ulet, kerja keras, dan bertanggung jawab. ''Saat menjadi Menko, beliau adalah seorang koordinator yang berpikir utuh, cermat, dan tidak berusaha mencari muka,'' ujarnya. Yang lebih penting bagi SBY, dalam mengemban tugas, Boediono relatif tidak memiliki konflik kepentingan, baik kepentingan bisnis maupun motivasi politik lainnya. Sebab, Boediono seorang ekonom murni dan tidak berasal dari partai politik. Juga bukan seorang pengusaha.

Rupanya, alasan-alasan tersebut merupakan cermin dari pengalaman SBY yang kurang menyenangkan selama 4,5 tahun berpasangan dengan Jusuf Kalla yang merupakan ketua umum Partai Golkar dan juga pengusaha. ''Saya yakin, jika kami berhasil terpilih, Pak Boediono akan mampu dan tepat mendampingi saya untuk melanjutkan tugas pemerintahan dan mengatasi krisis perekonomian,'' tegasnya disambut gemuruh tepuk tangan yang hadir.

SBY juga meminta agar parpol-parpol peserta koalisi bersama-sama membangun kabinet presidensial yang amanah. ''Kabinet adalah forum untuk bekerja. Bukan forum untuk berpolitik sendiri-sendiri,'' jelasnya.

BANDUNG - Mengapa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya memilih Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono sebagai cawapresnya pada pilpres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News