SBY Tanggapi Isu 'Pemilu Curang'

SBY Tanggapi Isu 'Pemilu Curang'
SBY Tanggapi Isu 'Pemilu Curang'
JAKARTA - Lontaran-lontaran tajam terkait pemilu legislatif 2009 yang terus bergulir, ditanggapi pula oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Salah satunya menyangkut isu soal kemungkinan banyaknya kecurangan dalam pemilu ini. Terhadap hal ini, SBY meminta elit politik khususnya, supaya tidak melempar isu negatif soal pemilu bisa curang. Sebab katanya, bila itu benar terjadi, sesungguhnya bisa merobek kehormatan.

"Saya memberikan apresiasi kepada para elit dan parpol yang bisa berkampanye dengan patut dan baik, tidak berlebihan. Kita semua yang sedang mengemban amanah di jajaran ini betul-betul berusaha dengan baik. Tapi kita tidak boleh lengah, tetap waspada. Tidak berarti menyeram-nyeramkan keadaan," paparnya di Istana Negara Jakarta, Rabu (8/4).

SBY memang menanggapi serius isu politik tentang pemilu bisa curang itu. "Isu bahwa pemilu bisa curang ini, saya melihat ada yang sengaja berupaya mengangkatnya. Marilah kita cegah agar pemilu ini tidak curang. Mari (juga) kita cermati isu ini dengan jernih dan tidak gegabah," ujarnya.

SBY pun lantas balik bertanya soal isu pemilu bisa curang itu. "Barangkali saudara juga bertanya, kalau pemilu ini bisa curang, curangnya di mana? Lalu, saudara bertanya lagi, jalannya kecurangan itu bagaimana? Sistemnya sudah masuk undang-undang, yang dibahas oleh pemerintah dan DPR-RI, wakil rakyat yang juga adalah pengejawantahan dari partai politik. Hingga kini sampailah kita melaksanakan pemilu yang bebas dari kecurangan," paparnya.

JAKARTA - Lontaran-lontaran tajam terkait pemilu legislatif 2009 yang terus bergulir, ditanggapi pula oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News