Schleck: Saya Belum Menangi Tour de France

Schleck: Saya Belum Menangi Tour de France
Schleck: Saya Belum Menangi Tour de France
JAUH hari sebelum CAS memvonis Alberto Contador bersalah Senin lalu (6/2), banyak pihak sebenarnya sudah menyebut gelar juara Tour de France 2010 lebih layak diberikan kepada Andy Schleck. Contador dianggap melakukan tindakan tidak etis dalam upayanya untuk merebut gelar juara.

Kenapa? Contador dianggap telah melanggar aturan tidak tertulis dalam Tour de France. Yaitu, ketika pemimpin lomba (pemegang yellow jersey) mengalami kecelakaan atau masalah teknis, maka para pesaing harus menunggunya untuk bisa kembali berlomba. Itu sering dilakukan Lance Armstrong dan Jan Ullrich saat mereka bersaing ketat di Tour de France pada awal dekade 2000-an. Dalam periode itu, Armstrong berhasil menjadi kampiun dalam tujuh edisi beruntun (1999-2005).

Nah, pada etape ke-15 Tour de France 2010, Contador melanggar "adat istiadat" yang telah berjalan selama puluhan tahun itu. Saat itu, pemegang yellow jersey adalah Andy. Dalam perjalanan menuju puncak tanjakan di Pamiers, rantai sepeda Andy terlepas. Saat itu Andy terdepan, diikuti Contador dan rekan setimnya di Astana, Alexandre Vinokourov.

Saat bersaing seru, tiba-tiba rantai sepeda Andy terlepas. Bukannya berhenti dan membatu, Contador dan Vinokourov malah menambah kecepatan. Contador akhirnya memenangi etape ke-15 sekaligus merebut yellow jersey.

JAUH hari sebelum CAS memvonis Alberto Contador bersalah Senin lalu (6/2), banyak pihak sebenarnya sudah menyebut gelar juara Tour de France 2010

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News