SD Kalam Kudus Yogya Belajar Buddy Program dari Sekolah Australia

SD Kalam Kudus Yogya Belajar Buddy Program dari Sekolah Australia
SD Kalam Kudus Yogya Belajar Buddy Program dari Sekolah Australia

Tindak kekerasan di sekolah di Indonesia kadang menimbulkan kematian murid. Sekarang beberapa sekolah mulai menerapkan program 'buddy" (teman) untuk menghilangkan kecenderungan 'bullying'. Salah satunya adalah Yayasan Kalam Kudus di Yogyakarta yang mendapat inspirasi mengenai hal tersebut dari Australia.

Apakah Anda masih ingat satu saja dari sekian banyak  peristiwa kekerasan di sekolah di Indonesia?

Saya masih ingat dan menjadi “permenungan“ saya. Peristiswa itu dialami Renggo Kadapi (11) siswa kelas V SDN 09 Makassar, Jakarta Timur. Renggo yang mungkin calon pilot itu harus terengut nyawannya akibat dianiaya oleh kakak kelasnya. Peristiwa itu terjadi beberapa hari ketika kita memperingati Hari Pendidikan bulan Mei 2014.

Saya sebagai pendidik  “shock”. Ternyata penyebabnya sepele. Saat istirahat siang, Renggo tidak sengaja menjatuhkan pisang goreng coklat milik kakak kelas. Renggo  sudah meminta maaf dan mengganti pisang yang terjatuh.

Tapi itu belum cukup. Si kakak kelas bukannya memberi maaf, justru melakukan pemukulan yang bertubi-tubi ke perut Renggo hingga berakhir dengan kematian Renggo, si “calon” pilot tersebut.

SD Kalam Kudus Yogya Belajar Buddy Program dari Sekolah Australia
Murid sekolah di SD Muhamadiyah Macanan Yogyakarta mulai menerapkan sistem buddy di sekolah mereka. (Foto: GSM).

Miris rasanya. Salah satu penyebabnya menurut saya karena  atmosfer superior kakak kelas yang sengaja dan tidak sengaja dibangun dalam kerangka negatif.

Atmosfer "sok berkuasa" yang dilakukan kakak kelas terhadap adik kelas tentunya terbangun dalam jangka waktu lama. Dan atmosfer ini tidak hanya terjadi di bangku sekolah dasar (SD), namun juga SMP, SMA bahkan di dunia kampus.

Tindak kekerasan di sekolah di Indonesia kadang menimbulkan kematian murid. Sekarang beberapa sekolah mulai menerapkan program 'buddy" (teman)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News