Sebut Ada Upaya Pelumpuhan Pimpinan KPK

Sebut Ada Upaya Pelumpuhan Pimpinan KPK
Sebut Ada Upaya Pelumpuhan Pimpinan KPK

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menduga saat ini ada upaya pelumpuhan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelumpuhan itu dilakukan dengan cara melaporkan para pimpinan KPK ke Bareskrim Mabes Polri.

"Jaga soliditas KPK. Jangan semua unsur pimpinan ditetapkan tersangka. Jadi darurat," kata Ray dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (6/2).

Darurat yang dimaksudkan Ray adalah bukan karena tidak adanya pimpinan lagi. Pasalnya, kondisi itu sudah pernah terjadi pada era Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah. 

Menurut Ray,pelumpuhan terhadap KPK dilakukan secara sosiologis. ‎"Penetapan tersangka memunculkan pandangan di masyarakat bahwa pimpinan KPK  tidak layak," ucapnya.

Dari segi hukum, pelaporan terhadap empat pimpinan KPK dapat dibenarkan. "Tapi, mereka  menggunakan alasan sosiologis, ingin bersihkan pimpinan KPK biar enggak tercela. Ini tidak tepat, mestinya dilakukan sejak awal," tandas Ray. (gil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menduga saat ini ada upaya pelumpuhan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News