Sediakan Air Aman Konsumsi, Menteri PU Resmikan Sipon Kali Bekasi

Sediakan Air Aman Konsumsi, Menteri PU Resmikan Sipon Kali Bekasi
Sediakan Air Aman Konsumsi, Menteri PU Resmikan Sipon Kali Bekasi

jpnn.com - MENTERI Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan beroperasinya proyek sipon Kali Bekasi di kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/5). Menurut Djoko, kehadiran sipon ini untuk memastikan ketersediaan air baku untuk warga kawasan DKI Jakarta. Air ini adalah air yang aman untuk dikonsumsi.

"Sipon ini akan mengalirkan  air dari saluran Tarum Barat menuju Jakarta tanpa tercampur dengan air Sungai Bekasi yang telah tercemar," kata Djoko usai persemian di Bendung Kali Bekasi Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan.

Sipon tersebut berbentuk saluran air tertutup yang memiliki panjang 98 meter dan berada 11 meter di bawah permukaan air Kali Bekasi.

Menurut Djoko, konsentrasi sendimen di Kali Bekasi saat ini mencapai 5.000 mg/l, sementara itu baku standar air menurut Kementerian Pekerjaan Umum sebesar 500-2000 mg/l.

"Peresmian proyek ini merupakan bagian dari agenda puncak peringatan Hari Air Dunia 2014," katanya.

Selain meresmikan beroperasinya proyek sipon senilai Rp 29 miliar yang bersumber dari anggaran APBN dan Asian Development Bank (ADB), Joko juga meresmikan proyek irigasi Jabung Lampung dan Gorontalo.

"Saya pribadi tidak akan menghalangi seluruh pengajuan proyek waduk dari manapun karena manfaatnya besar bagi masyarakat," katanya. (ant/rr/mas)

MENTERI Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan beroperasinya proyek sipon Kali Bekasi di kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/5). Menurut Djoko,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News