Sekjen Deplu: Warga Sulut Secepatnya Pulang

Sekjen Deplu: Warga Sulut Secepatnya Pulang
Sekjen Deplu: Warga Sulut Secepatnya Pulang
JAKARTA - Keluarga korban yang diisolasi oleh Pemerintah Korea Selatan (Korsel) karena diduga terkena virus flu babi, diminta untuk tidak khawatir. Dalam waktu dekat, pemerintah Indonesia dan Korsel akan memulangkan puluhan warga Sulawesi Utara (Sulut) yang kebetulan tengah menjadi peserta lomba paduan suara di "negeri ginseng" tersebut.

"Tidak usah khawatir. Dubes Indonesia di Korsel sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan deteksi terhadap warga Sulut yang diduga terkena wabah virus flu babi tersebut," kata Sekjen Departemen Luar Negeri (Deplu), Imron Cotan, yang dihubungi via telepon, Senin (13/7).

Permintaan deteksi awal ini, lanjut Imron, adalah untuk memastikan apakah memang ada warga Sulut yang terjangkit virus tersebut atau tidak. Kalau terbukti ada, pemerintah Indonesia telah meminta pihak rumah sakit di Korsel untuk melakukan perawatan medis hingga sembuh, serta kemudian dipulangkan ke Indonesia. "Kalau ternyata tidak ada yang terkena virus tersebut, pemerintah secepatnya memulangkan ke Indonesia," ucapnya.

Pemerintah pun, menurut Imron lagi, sudah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk memulangkan warga Sulut tersebut ke Indonesia. "Intinya, pemerintah sudah melakukan upaya untuk memulangkan warga Sulut ke Indonesia. Di sisi lain, kita harus tetap mengikuti prosedur di Korsel, karena pemerintahnya sangat berhati-hati dengan setiap warga asing yang datang ke negara itu," terangnya pula. (esy/JPNN)
Berita Selanjutnya:
Pelunasan Biaya Haji Dimulai

JAKARTA - Keluarga korban yang diisolasi oleh Pemerintah Korea Selatan (Korsel) karena diduga terkena virus flu babi, diminta untuk tidak khawatir.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News