Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi Tertarik Pelajari Pengelolaan SDM di Tiongkok

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi Tertarik Pelajari Pengelolaan SDM di Tiongkok
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi saat melakukan kunjungan ke Head Quarters Kementerian SDM dan Jaminan Sosial RRT di Beijing, Rabu (3/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, BEIJING - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi mengaku tertarik mempelajari upaya pengelolaan sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu membangun negaranya dengan pesat yang dilakukan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Sekjen Anwar menilai salah satu faktor kunci penentu keberhasilan pembangunan suatu negara adalah pengelolaan SDM.

Ketertarikan Sekjen Anwar Sanusi tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan ke Head Quarters Kementerian SDM dan Jaminan Sosial RRT di Beijing, Rabu (3/7).

Dalam kunjungan tersebut, Sekjen Anwar Sanusi diterima Jiang Wei selaku deputy director general, Wu Jingjing (director for bilateral cooperation), dan Xu Rihua selaku Director Level Officer for Bilateral Cooperation RRT.

"Dengan jumlah penduduk sangat besar dan pernah mengalami bonus demografi, Pemerintah RRT termasuk negara yang berhasil mengelola SDM-nya," kata Sekjen Anwar Sanusi melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker, Kamis (3/7).

Menurut Sekjen Anwar, dengan transformasi digitalisasi dan perkembangan manufaktur di RRT menjadikan pembangunan dan perekonomiannya berkembang sangat pesat hingga dapat menduduki negara dengan pertumbuhan ekonomi kedua terbesar di dunia.

Dia mengatakan Indonesia saat ini memasuki era bonus demografi dengan jumlah penduduk usia kerja sebanyak 214 juta orang.

Sebanyak 149,38 juta orang di antaranya merupakan angkatan kerja, serta tingkat pengangguran 4,28 persen.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menilai salah satu kunci penentu keberhasilan pembangunan di Tiongkok adalah pengelolaan SDM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News