Sekjen Kemnaker Tegaskan Pentingnya Menciptakan Ekosistem Ketenagakerjaan

Sekjen Kemnaker Tegaskan Pentingnya Menciptakan Ekosistem Ketenagakerjaan
Kemnaker menegaskan pentingnya menciptakan ekosistem ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi menegaskan pentingnya menciptakan ekosistem ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan Kemnaker adalah mengoptimalkan pelatihan untuk membekali SDM dengan keterampilan yang sesuai kebutuhan pasar kerja.

"Bagaimana input SDM ini baik. Inputnya dari mana, yaitu dari pendidikan dan pelatihan. Pak Rektor dan civitas akademika di INSURI sudah menjalankan fungsi mendidik, maka kami di Kemnaker melengkapi dengan pelatihan keterampilan," ungkap Sekjen Anwar pada saat memberikan Kuliah Umum di INSURI Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (20/9).

Kemnaker telah membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di berbagai daerah, termasuk Balai Latihan Vokasi di tingkat kabupaten.

Fasilitas itu bertujuan untuk menyiapkan kader-kader SDM yang memiliki keterampilan siap pakai.

Apalagi, lanjutnya, Kemnaker baru saja mengundang Gubernur Prefektur Miyagi, Jepang, Yoshihiro Murai.

Kedatangan gubernur tersebut untuk merekrut tenaga kerja di berbagai, seperti sektor pertanian dan hospitality.

Setelah proses pelatihan, Kemnaker mengupayakan agar para tenaga kerja dapat ditempatkan di pasar kerja yang sesuai.

Kemnaker menegaskan pentingnya menciptakan ekosistem ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News