Sekjen PDIP: Opsi Satu Jusuf Kalla

Sekjen PDIP: Opsi Satu Jusuf Kalla
Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK). Foto: dok.Indopos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA  -- Peluang HM Jusuf Kalla untuk mendampingi Joko Widodo alias Jokowi makin kuat. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Tjahjo Kumolo mengatakan, saat ini sejumlah opsi cawapres Jokowi masih dikaji mendalam oleh Megawati dan Jokowi. Namun, mulai mengerucut.

"Opsi satu JK, opsi dua Pak Mizard (Ryamizard Ryacudu, Red), ada Pak Mahfud juga disebut. Juga muncul nama ekonom, mungkin juga ada opsi internal," kata Tjahjo Kumolo saat sowan ke rumah Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/4).

Capres PDIP Jokowi memberi sinyal pengumuman cawapresnya semakin dekat. Sinyal-sinyal penetapan pendamping Jokowi di Pilpres 2014 memang semakin tampak.

Cawapres Jokowi sendiri kabarnya bakal diumumkan pada "Jumat suci". Sejumlah elite PDIP sempat berspekulasi pengumuman cawapres Jokowi bakal dilakukan Jumat ini. Namun ternyata pada Jumat ini masih dilakukan pematangan kandidat cawapres Jokowi.

Dalam sehari kemarin, Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri memanggil sejumlah elite PDIP ke kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Di luar PDIP dan Partai Nasdem yang sudah sepakat bekerja sama, partai-partai lain masih terus melakukan penjajakan. Partai Gerindra, misalnya, setelah "ditinggal" PPP, mencoba menggandeng PKS.

Komunikasi itu terlihat dari pertemuan Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto dengan Ketua Majelis Syura PKS, Hilmi Aminuddin di Lembang, 23 April lalu. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani tidak menampik adanya komunikasi antara dua partai. Namun, untuk keputusan berkoalisi, setiap partai memiliki mekanisme.

"PKS kan juga ada mekanisme internalnya (untuk berkoalisi). Sepertinya sudah mulai tahapan-tahapannya," kata Muzani, Jumat,  25 April. Dia menambahkan, komunikasi dua partai menunjukkan perkembangan yang lebih baik.

JAKARTA  -- Peluang HM Jusuf Kalla untuk mendampingi Joko Widodo alias Jokowi makin kuat. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Tjahjo Kumolo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News