Sekolah Cina Prioritas Pribumi

Sekolah Cina Prioritas Pribumi
Sekolah Cina Prioritas Pribumi
JAKARTA- Minat warga pribumi untuk menuntut ilmu di Cina ternyata masih kurang. Padahal perguruan tinggi di Cina memberikan fasilitas beasiswa bagi warga Indonesia terutama pribumi yang ingin melanjutkan studi ke negeri tirai bambu tersebut.

“Sampai saat ini hanya beberapa kabupaten/kota saja yang mengirimkan siswanya untuk bersekolah di Cina. Di Manado yang banyak warga keturunan Cinanya saja, belum ada yang tertarik belajar bahasa Mandarin di Cina,” kata Ketua Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin di Cina (BKPMC) Arifin Zaim yang dihubungi Kamis (25/6) malam.

Hingga saat ini, BKPMC telah berkoordinasi dengan Depdiknas. Di mana salah satu program utamanya adalah pertukaran mahasiswa Indonesia dan Cina. BKPMC pun terus menjajaki daerah-daerah yang belum mengirimkan calon mahasiswanya untuk sekolah di Cina.

“Para siswa yang akan disekolahkan ke Cina harus melewati seleksi di BKPMC. Setelah lulus, baru diberangkatkan. Di sana mahasiswanya mendapatkan fasilitas gratis seperti biaya pendidikan selama empat tahun dan tempat tinggalnya,” terangnya.

JAKARTA- Minat warga pribumi untuk menuntut ilmu di Cina ternyata masih kurang. Padahal perguruan tinggi di Cina memberikan fasilitas beasiswa bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News