Sekolah Dasar di Perth Bersihkan Pipa Air Minum

Sekolah Dasar di Perth Bersihkan Pipa Air Minum
Sekolah Dasar di Perth Bersihkan Pipa Air Minum

Sekolah-sekolah di Perth akan membersihkan pipa air minum mereka di awal setiap tahun ajaran menyusul kekhawatiran terhadap masalah pencemaran timbal.

Tahun lalu, Kepala Pusat Pengujian Kimia Australia Barat (WA) memperingatkan bahwa sekolah-sekolah di Australia Barat berisiko terkena pencemaran, dan merekomendasikan pipa saluran air minum mereka dibersihkan, menyusul terjadinya masalah terhadap pipa di Rumah Sakit Anak Perth yang baru diresmikan senilai $ 1,2 miliar atau setara Rp 12,9 triliyun.

Menteri Pendidikan WA, Sue Ellery mengatakan bahwa sekolah-sekolah yang ada akan mulai melakukan pembersihan pipa air minum mereka sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai yang akan selesai pada tanggal 31 Januari.

Sue Ellery mengatakan bahwa tidak ada kekhawatiran tentang pencemaran di dalam saluran pipa air minum namun pembersihan itu merupakan "tindakan pengamanan tambahan".

"Ini adalah protokol baru yang telah kami berlakukan untuk memulai tahun ini - setiap tahun pada awal tahun ajaran, kami akan melakukan pembersihan hanya untuk memastikan tidak ada genangan air dalam sistem saluran air minum di sekolah," kata Ellery.

Sue Ellery mengatakan bahwa peraturan baru ini tidak diharuskan oleh otoritas kesehatan namun akan memberikan para orang tua "ukuran kepercayaan tambahan".

Selain itu, mulai tahun ini, sekolah-sekolah baru saluran pipa air minumnya akan dites untuk diukur tingkat timbalnya.

Rumah Sakit Anak Perth yang baru tetap ditutup setelah diketahui pada tahun 2016, ada tingkat timbal yang tinggi dalam airnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News