Sektor Perkebunan Sawit Rentan Alami Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Langkah Ini

Sektor Perkebunan Sawit Rentan Alami Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Langkah Ini
BPJS Ketenagakerjaan mencatat jumlah kecelakaan kerja mencapai 370 kasus ribu sepanjang 2023. Foto: dok BPJS Ketenagakerjaan

jpnn.com, PALEMBANG - BPJS Ketenagakerjaan mencatat jumlah kecelakaan kerja mencapai 370 kasus ribu sepanjang 2023.

Sebanyak 60,5 persen atau 224 ribu kasus didominasi oleh sektor perkebunan.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan 2022 silam, yakni sebesar 169 ribu kasus.

Untuk menekan laju angka kecelakaan kerja pada sektor tersebut, BPJS Ketenagakerjaan secara konsisten memperkuat penerapan langkah-langkah promotif preventif.

Salah satunya dengan menggandeng International Labour Organization (ILO) untuk menyelenggarakan program Training of Trainers (ToT) bagi perusahaan-perusahaan sawit.

Kegiatan tersebut digelar di 4 wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan meliputi Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (Sumbarriau), Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), serta Kalimantan dengan total peserta sebanyak 400 orang.

National Project Coordinator ILO, Nirwan Gah mengatakan pada kegiatan ToT wilayah Sumbagsel menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor swasta dan lembaga publik dalam meningkatkan standar K3 di tempat kerja.

"Kerja sama antara ILO dan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan langkah penting untuk memastikan perusahaan, khususnya di sektor berisiko tinggi seperti perkebunan sawit, dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman," ujarnya.

BPJS Ketenagakerjaan mencatat jumlah kecelakaan kerja mencapai 370 kasus ribu sepanjang 2023. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News