Selamat! Harga Emas Hari Ini Melonjak Lagi

Selamat! Harga Emas Hari Ini Melonjak Lagi
Harga emas berjangka menguat tajam pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB). Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga emas berjangka menguat tajam pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).

Kenaikan harga emas memperpanjang keuntungan untuk hari kedua berturut-turut setelah sedikit pulih dari level terlemahnya tahun ini, di tengah inflasi yang tinggi di negara-negara utama Eropa.

Dikutip dari Antara, data industri menunjukkan bahwa inflasi bahan makanan Inggris mencapai 17,1 persen dalam empat minggu hingga 19 Februari, tertinggi yang pernah tercatat.

Diukur dengan standar harmonisasi Uni Eropa, inflasi Prancis naik menjadi 7,2 persen tahun ke tahun pada Februari dari 7,0 persen pada Januari.

Di Prancis, inflasi makanan mencapai 14,5 persen secara tahun ke tahun. Sementara itu, harga konsumen Spanyol melonjak 5,8 persen tahun ke tahun pada Januari, setelah mencatat kenaikan 5,5 persen pada Desember.

Data inflasi yang tinggi membantu memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga 50 basis poin oleh Bank Sentral Eropa pada pertemuan Maret, meredam emas. Di sisi lain, emas dianggap sebagai tempat investasi yang aman di tengah inflasi yang tinggi.

Rilis data ekonomi AS pada Selasa (28/2) juga mendukung emas.

Indeks harga rumah 20 kota S&P CoreLogic Case-Shiller di Amerika Serikat naik 4,6 persen dalam basis tahun ke tahun pada Desember 2022, di bawah kenaikan 6,8 persen pada November dan perkiraan pertumbuhan 5,8 persen.

Harga emas berjangka menguat tajam pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB). Simak selengkapnya!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News