Seleksi PPPK 2021: Bobot Kompetensi Bidang 60 Persen, Waktu Tes 170 Menit

Seleksi PPPK 2021: Bobot Kompetensi Bidang 60 Persen, Waktu Tes 170 Menit
Tahapan Seleksi PPPK 2021. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengimbau seluruh guru honorer untuk fokus mengikuti seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Pasalnya, dalam seri belajar tersebut, guru honorer bisa mendapatkan banyak modul dan pelatihan soal tentang kompetensi bidang sesuai mata pelajaran (mapel).

"Pelajari baik-baik karena dalam tes PPPK mulai Agustus mendatang, lebih banyak yang diujikan adalah kompetensi bidang sesuai mapel yang diampu masing-masing guru honorer," terang Dirjen Iwan kepada JPNN.com, Kamis (15/4).

Dia membeberkan, dalam tes PPPK, bobot empat konten materi yaitu kompetensi bidang, manajerial, sosio-kultural, dan wawancara sebanyak 100%. Bobot terbesar adalah kompetensi bidang yaitu 80%.

Sedangkan manajerial, sosio-kultural, pertanyaan wawancara sebanyak 40%.

"Total waktu pengerjaan 140-160 butir soal adalah 170 menit," ucapnya.

Dia menjelaskan, butir soal kompetensi bidang sebanyak 80-100 dengan waktu pengerjaan 120 menit. Manajerial 30 butir soal dikerjakan dalam waktu 25 menit. 

Kemudian sosio-kultural 20 soal dalam waktu pengerjaan 15 menit dan pertanyaan wawancara 10 butir soal dikerjakan 10 menit.

Dirjen GTK Kemendikbud mengungkapkan materi PPPK lebih didominasi kompetensi bidang dengan bobot 60 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News