Sembelih Ternak Betina, Didenda Puluhan Juta

Sembelih Ternak Betina, Didenda Puluhan Juta
Sembelih Ternak Betina, Didenda Puluhan Juta
JAKARTA —  RUU Peternakan dan Kesehatan Hewan telah disetujui DPR untuk disahkan. UU ini sekaligus menjadi peringatan bagi peternak yang senang menyembelih ternak ruminansia (ternak memamah biak) betina. Pasalnya, dengan disahkannya RUU Peternakan dan Kesehatan Hewan, ada aturan baku mengenai penyembelihan ternak tersebut. Dendanya, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Ketua Komisi IV DPR RI Arifin Junaidi, Pasal 85 Ayat 2 huruf e disebutkan, barang siapa yang menyembelih ternak ruminansia kecil (kambing, domba) betina produktif akan dikenakan denada paling sedikit Rp 1 juta dan paling banyak Rp 5 juta. Menyembelih ternak ruminansia besar (sapi, kerbau) produktif, dendanya minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp 25 juta.

“Sedangkan pelanggaran selain penyembelihan ternak ruminansia kecil dan besar, dikenakan denda paling sedikit Rp 5 juta dan paling banyak Rp 500 juta,” ujar Arifin di depan peserta sidang paripurna, Selasa (12/5).

Lebih lanjut dikatakan, jumlah denda ini akan bertambah sepertiga dari denda tersebut jika pelanggaran dilakukan oleh pejabat berwenang atau korporasi.

JAKARTA —  RUU Peternakan dan Kesehatan Hewan telah disetujui DPR untuk disahkan. UU ini sekaligus menjadi peringatan bagi peternak yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News