Sembilan Juta Tabung Elpiji 3 Kg Ditarik

Sembilan Juta Tabung Elpiji 3 Kg Ditarik
Sembilan Juta Tabung Elpiji 3 Kg Ditarik
JAKARTA - Kekhawatiran masyarakat terhadap ledakan gas elpiji 3 kilogram belum berakhir. Pemerintah mensinyalir terdapat lebih 9 jutaan tabung gas elpiji 3 kg yang tidak diberi label Standar Nasional Indonesia (SNI). Kabarnya, sekitar 9 juta tabung gas yang beredar di masyarakat justru mencantumkan logo standar Australia dan Jepang.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono mengatakan pemerintah hari ini melakukan rapat koordinasi membentuk tim menarik tabung gas yang tidak berstandar SNI. Untuk melibatkan kecamatan yang langsung terjun menarik ke lapangan, Menko Kesra menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Tadi (Rabu, red) saya sudah lapor Presiden. Intinya, kami menemukan sekitar 9 jutaan lebih tabung gas elpiji tak berstandar SNI. Semuanya harus ditarik,” kata Agung disela-sela pertemuan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dengan Presiden SBY di istana, Rabu (28/7).

Perintah penarikan dilakukan kepada kecamatan. “Sistemnya setiap masyarakat yang mengisi tabung gas elpiji. Kan setiap minggu mereka tukar ke agen. Saat itu juga tabung yang tidak SNI langsung ditarik. Makanya, dalam prakteknya kita menggandeng Mendagri,” katanya.

JAKARTA - Kekhawatiran masyarakat terhadap ledakan gas elpiji 3 kilogram belum berakhir. Pemerintah mensinyalir terdapat lebih 9 jutaan tabung gas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News