Semeru Mulai Bergolak

Merapi Meletus 24 Jam, Magelang Lumpuh

Semeru Mulai Bergolak
Semeru Mulai Bergolak
MAGELANG - Aktivitas beberapa gunung berapi di Indonesia bergantian menunjukkan kekuatannya. Belum turun erupsi besar Gunung Merapi, lalu keluar gas beracun di Gunung Anak Krakatau Kamis (3/11), kemarin (4/11) giliran Gunung Semeru, Jatim, mulai bergolak. 

Sekitar pukul 06.15, warga yang tinggal di lereng Semeru dikejutkan dengan guguran awan panas atau wedhus gembel yang meluncur hingga 4 kilometer. Menurut kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru, Suparno, wedhus gembel itu terlihat meluncur ke arah Besuk Bang, Dusun Rowobaung Desa/Kecamatan Pronojiwo. "Memang tadi pagi ada awan panas sejauh empat ribu meter dari puncak Semeru," ujarnya.

Namun, kata dia, wedhus gembel itu bukan disebabkan keluar dari kawah, melainkan dari lidah lava yang longsor. Guguran awan panas tersebut memperlihatkan asap tebal dan pekat yang mengarah ke sisi tenggara Gunung Semeru. Gara-gara wedhus gembel tersebut, hutan yang berada di sekitar Besuk Bang tertutup abu vulkanis berwarna abu-abu.

Diakui Suparno, aktivitas Gunung Semeru ada peningkatan. Bahkan, guguran awan panas itu baru kali pertama terjadi sejak 2008. "Jika lava pijar dan lidah lava sudah sering dan biasa. Namun, jika guguran awan panas baru sekali ini," jelas Suparno.

MAGELANG - Aktivitas beberapa gunung berapi di Indonesia bergantian menunjukkan kekuatannya. Belum turun erupsi besar Gunung Merapi, lalu keluar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News