Sempat Gangguan, Sistem IT Maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru Kini Kembali Normal

Sempat Gangguan, Sistem IT Maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru Kini Kembali Normal
EGM Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko alias Oki. Foto:Tim Bandara SSK II Pekanbaru.

jpnn.com, PEKANBARU - Sistem IT yang dialami beberapa maskapai penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru yang sempat mengalami gangguan pada Jumat (19/7) kini kembali normal.

EGM Bandara SSK II Pekanbaru Radityo Ari Purwoko alias Oki mengatakan sistem IT maskapai saat ini sudah berjalan normal dan operasional penerbangan berjalan lancar.

Sebelumnya, gangguan sistem IT global berdampak pada beberapa maskapai, seperti Citilink, AirAsia, dan Scoot Tiger yang mengakibatkan keterlambatan penerbangan dan proses check-in manual.

“Namun, pihak bandara dan maskapai telah mengambil langkah antisipasi dengan menggunakan aplikasi manual untuk boarding pass dan bag tagging sehingga operasional bandara tetap aman terkendali,” kata Oki, Sabtu (20/7).

Penerbangan yang sempat mengalami kendala, yakni Citilink dengan nomor penerbangan QG 939 dari PKU ke CGK yang dijadwalkan berangkat pukul 14.20 dengan jumlah penumpang sebanyak 177 orang sempat terdampak selama 20 menit dikarenakan peralihan dari sistem otomatis ke manual.

Proses check-in dilakukan secara manual untuk sekitar 60 penumpang.

Sementara itu, penerbangan AirAsia AK 429 dari PKU ke KUL yang dijadwalkan berangkat pukul 16.10 mengalami keterlambatan sekitar 40 menit.

Namun, Oki memastikan secara keseluruhan operasional tetap aman terkendali.

Sistem IT maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru yang sempat mengalami gangguan pada Jumat (19/7) kini kembali normal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News