Semua Jalur Darat di Kaltim akan Dibangun Rest Area

Semua Jalur Darat di Kaltim akan Dibangun Rest Area
Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik (kiri). Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik pada pekan lalu di Desa Samurangau menyampaikan keluhan soal sulitnya mendapat rest area dan toilet saat perjalanan darat dari Penajam menuju Paser.

Akmal bahkan tak ragu mengatakan pemerintah gagal jika tak bisa membuat rakyatnya nyaman dan bahagia.

“Belum sejahtera kita kalau rakyat masih kencing di bawah pohon. Mohon maaf ini seharusnya tugas pemerintah untuk membuat masyarakat nyaman dan bahagia,” kata Akmal pekan lalu di Desa Samurangau.

Akmal pun menantang Forum Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Minerba Kaltim yang baru sebulan dilantiknya untuk berkontribusi membantu pemerintah. Salah satunya dengan membangun sejumlah rest area di beberapa poros jalan darat di Kaltim.

“Saya bahagia sekali karena usul saya disetujui dan didukung penuh. Hari ini para presiden direktur perusahaan pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) semuanya mendukung pembangunan rest area,” kata Akmal seusai bertemu 23 pimpinan perusahaan pemegang IUP di Plataran Menteng, Rabu (16/10/2024).

Semua pemimpin perusahaan sependapat dengan Pj Gubernur Akmal Malik sepakat rest area memang sangat dibutuhkan oleh para pengguna jalan di semua lintas jalur.

Akmal menjelaskan saat ini memang banyak tersedia toilet di sepanjang jalur darat, tetapi, semuanya adalah milik swasta atau pribadi, seperti pemilik warung, restoran dan lainnya. Tidak ada bangunan publik yang memang dibangun pemerintah untuk masyarakat.

“Faktanya, kalau di perjalanan kita ingin pipis ke warung atau restoran, pasti tidak enak kalau tidak belanja. Iya kalau ada uangnya. Memang ada masjid, tapi banyak yang terkunci. Lalu bagaimana dengan mereka yang nonmuslim? Kan mereka juga tidak nyaman,” tutur Akmal.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik berjanji akan membangun rest area di semua jalur darat di Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News