Semua Peserta Kongres Promosi ke Divisi Utama

Semua Peserta Kongres Promosi ke Divisi Utama
Nurdin Halid. Foto: Dok.JPPhoto
JAKARTA - Indikasi kongkalikong antara PSSI dengan peserta kongres  tahunan PSSI di Bali kemarin sangat kentara. Salah satunya dengan dikeluarkannya keputusan bahwa musim depan ( 2011/2012 ) jumlah kontestan Divisi Utama akan dinaikkan menjadi 44 peserta dan dibagi menjadi empat wilayah. Alasannya adalah untuk meringankan tim-tim peserta karena secara geografis klub peserta tidak akan lagi menempuh jarak yang jauh untuk melakoni pertandingan. Tapi pertanyaannya, kenapa harus menambah peserta dalam jumlah banyak?

Dengan adanya keputusan itu, maka 14 tim peserta Kongres Tahunan PSSI dari Divisi I semuanya lolos ke Divisi Utama musim depan. Rinciannya, enam tim teratas memang berhak promosi karena menghuni peringkat enam besar, sesuai peraturan yang dibuat. Delapan klub dibawahnya ( peringkat 7-14) menjadi tim yang "ketiban durian" dengan putusan kongres itu. Sebab awalnya musim depan mereka akan berkompetisi di Divisi I. Untuk menggenapi tim menjadi 44 di Divisi Utama musim depan, delapan tim itu mendapat "doorprize" promosi cuma-cuma.

Musim ini PT Liga Indonesia ( PT LI) selaku penyelanggara kompetisi Divisi Utama sebetulnya akan mendegradasi sembilan dari 39 kontestan dari tiga grup yang ada. Karena PT LI ingin musim depan peserta Divisi Utama kembali menjadi 36 tim.

Musim lalu ( 2009/2010) jumlah kontestan Divisi Utama 36 tim. Tim yang terdegarasi adalah enam  tim. Tapi karena yang promosi dari Divisi I adalah delapan tim, maka untuk menjadikan peserta menjadi 39 agar kalau dibagi tiga grup menjadi sama 13 tim tiap grup,  maka PT LI kemudian menggelar playoff untuk mencari tim ke-39. Tahapan playoff itu sempat mendapat protes dan sempat diwarnai isu pengaturan hasil akhir.

JAKARTA - Indikasi kongkalikong antara PSSI dengan peserta kongres  tahunan PSSI di Bali kemarin sangat kentara. Salah satunya dengan dikeluarkannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News