Sengketa Lahan Dicurigai Selalu Berbau Korupsi

Sengketa Lahan Dicurigai Selalu Berbau Korupsi
Sengketa Lahan Dicurigai Selalu Berbau Korupsi
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo, menyatakan, terlepas dari video kasus Mesuji benar-benar asli atau hasil rekayasa, namun faktanya kasus sengketa lahan antara warga dengan perusahaan perkebunan sawit sebenarnya sudah berlangsung lama. Bahkan, kasus serupa juga bnayk terjadi di daerah lain.

Menurut politisi Partai Golkar itu, Komisi III DPR sudah mengantongi banyak laporan tentang kasus serupa. Misalnya di Riau, rakyat juga berhadapan dengan Sinar Mas Group. Sedangkan di Belitung, warga berhadapan dengan Perusahaan Malaysia.

"Ini banyak terjadi di wilayah Sumatera dan wilayah lain. Kini masalahnya bukan lagi lahan perkebunan, tapi sudah masuk lahan pertambangan seperti Kolaka," katanya, saat dihubungi JPNN, Minggu (18/12).

Bambang juga mengatakan, dalam kasus sengketa lahan selalu ada unsur korupsi yang melibatkan oknum penegak hukum, eksekutif dan legislatif. "Kalau hanya bicara kasus Mesuji, pemerintah hanya akan menjadi pemadam kebakaran," tegasnya.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo, menyatakan, terlepas dari video kasus Mesuji benar-benar asli atau hasil rekayasa, namun faktanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News