Serang Anas, Ulil Dianggap Pendukung Politik Dinasti Cikeas

Serang Anas, Ulil Dianggap Pendukung Politik Dinasti Cikeas
Serang Anas, Ulil Dianggap Pendukung Politik Dinasti Cikeas
JAKARTA - Langkah politisi muda Partai Demokrat (PD) Ulil Abshar Abd'ala mendorong Anas Urbaningrum agar segera lengser dari kursi Ketua Umum partai pemenang Pemilu 2009 itu dianggap cukup mengagetkan. Sebab Ulil yang selama ini dianggap sebagai pemikir liberal, justru memilih berada pada posisi berseberangan dengan Anas yang dinilai banyak kalangan hendak memodernkan partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi, mengatakan, manuver Ulil justru semakin memperlihatkan upaya SBY untuk menggusur Anas. Karena menurutnya, lazimnya persoalan elektabilitas partai yang merosot dihadapi dengan konsolidasi bersama, dan bukan dengan memperuncing friksi internal.

"Tetapi yang diambil upaya pelengseran, yang terjadi justru perpecahan. Konflik berlanjut karena Anas punya dukungan kuat," kata Airlangga saat dihubungi, Sabtu (16/2).

Ditegaskannya, sampai saat ini status hukum Anas dalam dugaan korupsi yang ditangani KPK memang masih sebatas saksi. Sementara aturan di internal PD, lanjut Airlangga, fungsionaris partai nonaktif ketika menyandang status tersangka.

JAKARTA - Langkah politisi muda Partai Demokrat (PD) Ulil Abshar Abd'ala mendorong Anas Urbaningrum agar segera lengser dari kursi Ketua Umum partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News