Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka
Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka

Turnamen tenis grandslam pembuka tahun, Australia Terbuka dimulai lagi di Melbourne hari Senin (18/1/2016) dan berlangsung selama dua minggu. Sambil menunggu dan menikmati permainan para petenis dunia, inilah serba-serbi turnamen tenis Australia Terbuka yang perlu anda ketahui.

Apakah Australia Terbuka selalu diselenggarakan di Melbourne?

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka
Australia Terbuka 2016 diselenggarakan dari 18 sampai 31 Januari 2016 di Melbourne Park. (Photo: ABC Ning Pan)

Australia Terbuka dimulai dengan nama "Kejuaraan Australasian" di tahun 1905. Pernah diadakan di Brisbane, Perth, Sydney, Adelaide, dan bahkan di Selandia Baru. Namun Melbourne paling banyak menjadi tuan rumah, 60 dari 103 kali penyelenggaraan, dan sejak tahun 1972, Australia Terbuka diselenggarakan di Melbourne setiap tahun.

Berapa hadiah uang keseluruhan?

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka
Pemenang tunggal putra dan tunggal putri tahun akan menerima hadiah masing-masing sekitar Rp 34 Miliar. (Photo: ABC Licensed)

Jumlah total hadiah uang tahun ini adalah $ 44 juta dolar Australia, jumlah terbesar, naik dari 40 juta dolar dari tahun lalu.

Pemenang tunggal putra dan tunggal putri masing-masing mendapat hadiah $ 3,4 juta dolar, dengan mereka yang kalah di babak pertama mendapat hadiah $ 38,500 (sekitar Rp 38 juta).  Di tahun 2001, Australia Terbuka menjadi grandslam kedua yang memberikan hadiah sama bagi petenis pria dan wanita dengan turnamen AS Terbuka melakukan hal yang sama sejak tahun 1973.

Pertandingan mana yang paling lama dalam sejarah Australia Terbuka?

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka
Pertandingan final tahun 2012 antara Djokovic dan Nadal berlangsung selama 5 jam dan 53 menit. (Photo: ABC Licensed)

Di tahun 2012, petenis Serbia Novak Djokovic mengalahkan petenis Spanyol Rafael Nadal 5-7, 6-4, 6-2, 6-7(5), 7-5 di pertandingan final. Pertandingan yang berakhir selama  5 jam dan 53 menit merupakan yang terpanjang dalam sejarah Australia Terbuka.

Negara mana yang paling banyak memenangkan tunggal putra dan tunggal putri?

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka
Penonton yang hadir di hari Australia di pertandingan Australia Terbuka tahun 2011. (Photo: Reuters)

Dalam sejarah Australia Terbuka, Australia mencatat pemenang paling banyak, dengan meraih 50 gelar tunggal putra dan 43 di tunggal putri, disusul Amerika Serikat (18-22), Inggris (5-3) dan Swiss (5-3).

Siapa juara termuda dan tertua di tunggal putra dan tunggal putri?

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Terbuka
Petenis Swiss Martina Hingis menjadi petenis termuda yang pernah menjuarai Australia Terbuka. (Photo: Getty Images)

Pemain tunggal putra termuda yang menjuarai Australia Terbuka adalah Ken Rosewall yang menjadi juara di tahun 1953 di usia 18 tahun 2 bulan. Dia juga menjadi juara tertua di Australia Terbuka ketika menjadi juara lagi di tahun 1972 di usia 37 tahun 2 bulan.

Di tunggal putri, juara termuda adalah petenis Swiss Martina Hingis yang menang di tahun 1997 di usia 16 tahun 4 bulan, dan yang tertua adalah Thelma Coyne Long yang menang di tahun 1954 di usia 35 tahun 8 bulan.

Turnamen tenis grandslam pembuka tahun, Australia Terbuka dimulai lagi di Melbourne hari Senin (18/1/2016) dan berlangsung selama dua minggu. Sambil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News