Sering Tonton TV, Pengaruhi Kesehatan Mental Anak

Sering Tonton TV, Pengaruhi Kesehatan Mental Anak
Sering Tonton TV, Pengaruhi Kesehatan Mental Anak

jpnn.com - MINNESOTA -- Pola hidup dan pemakaian alat elektronik ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan psikologis anak-anak. Hal itulah yang ditemukan dalam studi terbaru yang dilansir dalam JAMA Network Journals.

Dijelaskan, anak-anak yang menghabiskan waktu lebih sedikit di depan televisi atau layar komputer dapat tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang suka menonton TV atau komputer. Mereka juga lebih ramping dan memiliki prestasi lebih baik di sekolah.

"Selain itu mereka juga berperilaku lebih baik dibanding teman-temannya," kata Peneliti utama Dr Douglas Gentile dari Iowa State University.

Laman Dailymail menyebutkan, para peneliti juga menemukan pemantauan orang tua atas anak-anaknya agar tidak menghabiskan waktu menonton televisi, bermain video game dan aktivitas online memiliki korelasi dengan pola tidur lebih nyaman.

Di sisi lain, itu berdampak positif dengan meningkatkan kinerja di sekolah dan perilaku yang lebih baik pada anak-anak.

"Anak-anak yang banyak menonton televisi lebih mungkin untuk melakukan sesuatu yang buruk di sekolah dan menjadi gemuk. Mereka juga memiliki miskin kesehatan emosionalnya," sambungnya.

Para peneliti menyarankan adanya monitoring orangtua agar anak tidak terpapar adegan kekerasan di televisi dan video game, yang dikaitkan dengan peningkatan perilaku positif dan penurunan perilaku agresif.

Pasalnya, anak-anak yang terlalu banyak menonton TV lebih rentan melakukan agresi karena pengalaman kekerasan di televisi. (esy/jpnn)


MINNESOTA -- Pola hidup dan pemakaian alat elektronik ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan psikologis anak-anak. Hal itulah yang ditemukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News