Setelah Bunuh Nasrallah, Israel Retas ATC Bandara Beirut demi Lumpuhkan Hizbullah

Setelah Bunuh Nasrallah, Israel Retas ATC Bandara Beirut demi Lumpuhkan Hizbullah
Tentara Hizbullah. Foto: AEP

jpnn.com, ANKARA - Militer Israel pada Sabtu meretas menara kendali lalu lintas udara alias ATC di Bandara Internasional Rafic Hariri Beirut, dan mengeluarkan ancaman terhadap pesawat sipil Iran yang berusaha mendarat.

Kementerian Transportasi Lebanon kemudian memerintahkan otoritas bandara untuk mencegah pesawat Iran memasuki wilayah udara Lebanon.

Sumber-sumber kementerian mengonfirmasi kepada Anadolu bahwa arahan tersebut terkait peringatan keras Israel.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Israel mengenai hal tersebut.

Namun, beberapa jam sebelumnya, juru bicara militer Israel Daniel Hagari memperingatkan bahwa pihaknya "tidak akan mengizinkan senjata apa pun dikirim ke Hizbullah," termasuk "melalui Bandara Internasional Beirut."

"Kami tidak akan mengizinkan pengiriman senjata ke Hizbullah dalam bentuk apa pun. Kami mengetahui adanya kiriman senjata Iran ke Hizbullah, dan kami akan berupaya menggagalkannya," kata Hagari dalam sebuah pernyataan.

"Kami nyatakan bahwa kami tidak akan mengizinkan pesawat musuh yang membawa senjata mendarat di bandara sipil di Beirut. Ini adalah bandara sipil untuk penggunaan sipil, dan harus tetap seperti itu," ujarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Lebanon Ali Hamieh pada Sabtu membantah klaim Israel bahwa Bandara Internasional Beirut digunakan untuk mengirimkan senjata ke Hizbullah.

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari memperingatkan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan senjata apa pun dikirim kepada Hizbullah, termasuk melalui bandara

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News