Setya Novanto Bahas Tragedi Kemanusiaan di Dunia

Setya Novanto Bahas Tragedi Kemanusiaan di Dunia
Setya Novanto (empat kanan). Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dan Jordania memiliki kesamaan sikap dalam menghadapi berbagai tragedi kemanusiaan yang terjadi di belahan dunia, seperti di Palestina dan Myanmar.

Kedua negara juga memiliki banyak kesamaan pandangan dalam menghadapi tantangan global seperti penangulangan terorisme serta pentinganya mendorong keamanan dan stabilitas di masing-masing kawasan.

Sama halnya dengan Indonesia yang menerima pengungsi etnis Rohingnya dari Myanmar, Jordania juga menerima pengungsi dari Suriah. "Kami selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Saat ini Jordania menampung lebih dari satu juta pengungsi Suriah," kata Wakil Ketua Parlemen Jordania yang juga menjadi pemimpin delegasi Parlemen Jordania dalam World Parliamentary Forum, H.E. Mr. Khamis Atieh.

Jordania juga ingin bersama Indonesia membantu mengatasi tragedi kemanusiaan atas etnis Rohingnya di Myanmar. Dalam waktu dekat, DPR RI akan membawa Resolusi masalah Rohingnya ke pertemuan ASEAN-Inter Parliamentary Assembly (Majelis Parlemen ASEAN) pada 15-19 September 2017 di Manila, Filipina.

"Saya berharap, Parlemen Jordania bisa melakukan hal yang serupa di sidang Inter Parliamentary Union pada Oktober 2017 di Rusia. Dengan bersuara di berbagai forum internasional, serta menunjukan solidaritas kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya, kami berharap pemerintah Myanmar segera dapat mewujudkan perdamaian di sana," ujar Ketua DPR Setya Novanto.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Novanto menyampaikan terima kasih atas dukungan tertulis Jordania bagi pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

"Saya juga berharap, pemberlakuan perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas Indonesia – Jordania dapat semakin mempererat hubungan diplomatik kedua negara," kata Novanto.

Khamis Atieh juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang turut mengecam aksi kekerasan Israel ke Masjid Al Aqsa beberapa bulan lalu. Kami sepakat mengintensifkan komunikasi dan terus bekerjasama dalam berbagai forum internasional, khususnya di Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Setya Novanto berterima kasih atas dukungan buat pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News