Seusai Kunjungi Kopontren Al-Ittifaq, Presiden Jokowi Kaget ada Ponpes Seperti Ini

Seusai Kunjungi Kopontren Al-Ittifaq, Presiden Jokowi Kaget ada Ponpes Seperti Ini
Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah petani di Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (6/3). Foto: Fathan

jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung layak untuk menjadi model di berbagai tempat.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah mengunjungi Kopontren itu bersama Ibu Negara Iriana, Senin (6/3).

Kepala Negara dan Iriana meninjau area pertanian Pesantren Al-Ittifaq dipandu Ketua Kopontren Al-Ittifaq KH Agus Setia Irawan.

Peninjauan dimulai dari gudang penyortiran produk tani (warehouse), area tanam, hingga rumah kaca (greenhouse) yang ditanami berbagai komoditas seperti jeruk dekopon, melon, stroberi, hingga sayuran hijau.

"Tadi pagi masuk ke Al-Ittifaq, saya betul-betul merasa sangat kagum, kaget bahwa ada pondok pesantren yang memiliki manajemen yang baik dalam bisnis pertaniannya," ujar Jokowi dalam sesi dialog bersama para petani dan masyarakat.

Jokowi juga mengapresiasi manajemen di Kopontren Al-Ittifaq yang sudah sangat rapi dan terencana.

Menurut eks gubernur DKI Jakarta itu, dengan sistem dan manajemen tersebut, permintaan pasar akan produk pertanian bisa dipenuhi oleh Kopontren Al-Ittifaq.

"Berangkatnya tidak dari produksi tapi berangkatnya dari permintaan pasar, permintaan market, kemudian diproduksi di sekitar pondok pesantren, dan manajemennya, cara mengatur betul-betul sangat terencana sehingga permintaan pasar itu selalu ada," jelasnya.

Presiden Jokowi mengapresiasi manajemen di Kopontren Al-Ittifaq yang sudah sangat rapi dan terencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News