Sewa Rumah dan Beli Makanan Termasuk Pengeluaran Terbesar di Australia

Sewa Rumah dan Beli Makanan Termasuk Pengeluaran Terbesar di Australia
Sewa Rumah dan Beli Makanan Termasuk Pengeluaran Terbesar di Australia

Salah satu agenda utama Perdana Menteri Australia yang baru, Scott Morrison, adalah ingin menekan harga listrik dan gas lewat kebijakannya.

Dari data terbaru Biro Statistik Australia, listrik dan gas menjadi pengeluaran rumah tangga yang meningkat tajam, dengan nilai keduanya mencapai lebih dari Rp 500 ribu (atau AU$49,11) per pekannya.

Tapi kenaikan pengeluaran listrik dan gas sebenarnya masih 'kalah' dengan pengeluaran rumah tangga untuk membeli makanan dan rokok.

Pengeluaran rumah tangga untuk makan keluar di restoran atau memesan makanan ke rumah bisa dua kali lebih mahal dari pengeluaran listrik dan gas, yang rata-rata mencapai AU$95 atau kurang lebih Rp 1 juta per minggu.

Bahkan pengeluaran untuk membeli minuman alkohol, seperti bir dan anggur, bisa 1,6 kali lebih mahal dibandingkan pengeluaran untuk listrik dan gas. Rata-rata pengeluaran rumah tangga untuk membeli gabungan bir dan wine mencapai AU$59, atau lebih dari Rp 600 ribu per minggu.

Pada kenyataannya, gabungan dari pengeluaran listrik dan gas dalam rumah tangga di Australia tidaklah masuk dalam 10 pengeluaran terbesar rumah tangga.

Sewa Rumah dan Beli Makanan Termasuk Pengeluaran Terbesar di Australia Photo: Tagihan listrik bukan hanya menjadi pengeluaran terbesar bagi rumah tangga Australia saat ini. (ABC News: Jessica Hinchliffe)

Rata-rata pengeluaran untuk berlibur ke luar negeri, misalnya, senilai lebih dari AU$48, atau lebih dari Rp 480 ribu per minggu, masih lebih mahal dibandingkan dengan pengeluaran listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News