SGAR Bakal jadi Tonggak Penting Industri Aluminium dari Hulu sampai Hilir

SGAR Bakal jadi Tonggak Penting Industri Aluminium dari Hulu sampai Hilir
MIND ID menargetkan pembangunan proyek SGAR di Mempawah, Kalimantan Barat bisa segera rampung dan ditargetkan beroperasi pada Oktober 2024. Foto: Dokumentasi MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - PT ANTAM bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) saat ini tengah menyelesaikan proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Anggota MIND ID itu membidik SGAR Mempawah jadi tonggak penting mendukung integrasi industri aluminium dari hulu hingga hilir.

Adapun progres pembangunan SGAR Mempawah sudah mencapai 85 persen per Maret 2024. 

Smelter ini akan memperkuat rantai pasokan antara mineral bijih bauksit dari PT Antam Tbk dengan pabrik peleburan aluminium milik PT Inalum di Kuala Tanjung, Sumatra Utara.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut SGAR dilengkapi oleh penghubungan rantai pasokan antara mineral bijih bauksit dari PT Aneka Tambang Tbk dengan pabrik peleburan aluminium milik PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

"Pembangunan smelter ini memberikan dampak positif secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar salah satunya dengan penyerapan lebih dari 2.000 lapangan pekerjaan," ujar Erick dikutip, Senin (20/5).

Erick berharap hilirisasi industri bisa memberikan kontribugi bagi terwujudnya Indonesia Emas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan tinjauan ke Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (20/3) menargetkan pengolahan komoditas bauksit ini rampung pada Juni 2024.

SGAR di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat saat ini tengah diselesaikan untuk mendukung industri dari hulu ke hilir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News