SGN & PNRE Bakal Bangun Pabrik Bioetanol Pertama di Banyuwangi

SGN & PNRE Bakal Bangun Pabrik Bioetanol Pertama di Banyuwangi
PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) anak perusahaan PTPN III Holding Perkebunan yang bergerak di bidang komoditas gula menggandeng Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) bakal membangun Proyek Bioethanol Glenmore PNRE – SGN di PG Glenmore Banyuwangi. Foto dok SGN

jpnn.com, BANYUWANGI - PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) anak perusahaan PTPN III Holding Perkebunan yang bergerak di bidang komoditas gula menggandeng Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), anak perusahaan Pertamina menggelar kunjungan manajemen dalam diskusi tindak lanjut kerja sama Proyek Bioethanol Glenmore PNRE – SGN di PG Glenmore Banyuwangi, pada Rabu (16/10).

"Hari ini dilakukan kunjungan manajemen ke lokasi setelah sebelumnya dilakukan kegiatan soil test. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung penyusunan kajian kelayakan rencana proyek Pembangunan Pabrik Bioethanol terintegrasi di area Pabrik Gula Glenmore, memenuhi amanat Peraturan Presiden RI No. 40 Tahun 2023," ujar Mahmudi Direktur Utama SGN.

Menurutnya Pabrik Bioethanol yang akan dibangun tersebut memiliki kapasitas sebesar 30.000 Kilo Liter per Tahun.

Pembangunan pabrik etanol pendanaannya dilakukan oleh Pertamina. Sementara, pihaknya menyiapkan bahan baku produksi komoditas gula.

Lokasi pabrik gula Bioetanol yang akan dibangun terletak di sebelah selatan pabrik gula, sehingga memudahkan distribusi bahan baku yang merupakan molasses atau tetes tebu yang disuplai oleh PG Glenmore.

"Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari menunaikan tugas pemerintah melalui Perpres 40 tahun 2023, selain swasembada gula disisi lain tugas penyediaan bioetanol. Kolaborasi dengan Pertamina NRE menjadi pabrik kedua yang dimiliki PTPN group, yang pertama ada di Mojokerto," jelasnya.

Sementara itu Iin Febriana Direktur Manajemen Resiko Pertamina RNE menegaskan pembangunan pabrik bioetanol tersebut merupakan komitmen Pertamina mewujudkan ketahanan energi.

"Kami telah sukses mengembangkan biodiesel dan hari ini akan kita dorong ke bioetanol dengan kolaborasi dengan SGN dengan mengembangkan bioetanol plant kedua," jelas Iin Febrian.

Pembangunan pabrik bioetanol tersebut merupakan komitmen Pertamina mewujudkan ketahanan energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News