Shanghai Mooncake Festival Hadirkan Budaya Nusantara & Tionghoa, Ada Aneka Produk UMKM

Shanghai Mooncake Festival Hadirkan Budaya Nusantara & Tionghoa, Ada Aneka Produk UMKM
Pembukaan acara Shanghai’s Mooncake Festival yang berlangsung sejak 10 – 22 September 2024. Foto dok. Old Shanghai

jpnn.com, JAKARTA - Pengunjung Old Shanghai bisa menikmati aneka pertunjukan seni, bazar kuliner UMKM, panggung hiburan rakyat, dan beragam lomba selama acara Shanghai’s Mooncake Festival pada 10–22 September 2024.

Shanghai’s Mooncake Festival ini besutan Old Shanghai dengan dukungan Perempuan Indonesia Tionghoa (PINTI), pemerintah kota administrasi Jakarta Timur, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. 

Mooncake Festival atau Festival Kue Bulan dikenal juga sebagai Festival Pertengahan Musim Gugur, merupakan salah satu perayaan paling penting dalam budaya Tionghoa selain Tahun Baru Imlek.

Perayaan itu sudah dimulai sejak 3.000 tahun lalu, yang melambangkan kebersamaan, kesatuan keluarga, dan rasa syukur atas panen yang melimpah. 

Selain menghadirkan beragam budaya Nusantara dan Tionghoa, Shanghai’s Mooncake Festival di Old Shanghai juga menyuguhkan aneka kuliner produk UMKM, lomba menyanyi lagu Mandarin dan kegiatan doorprize dengan hadiah-hadiah menarik. 

Operation Commercial Retail 1 Deputy Division Head - Commercial Retail 1 Sedayu City Jarenta Sinaga mengatakan konsep acara “Shanghai’s Mooncake Festival” memadukan budaya nusantara dan Tionghoa. 

"Acara ini bukan sekadar perayaan budaya, tetapi juga upaya kami untuk memperkuat tali persaudaraan antar-komunitas serta memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat luas," terang Jarenta Sinaga, Jumat (20/9). 

Dia berharap festival ini memberikan pengalaman mendalam dan bermakna bagi para pengunjung, sekaligus mendukung para pelaku UMKM lokal dalam mengembangkan usaha mereka.

Shanghai Mooncake Festival menghadirkan budaya nusantara dan Tionghoa, juga aneka produk UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News