Si Peramal Jitu Pilih Obama

Si Peramal Jitu Pilih Obama
Si Peramal Jitu Pilih Obama
ALABAMA - Siapakah responden jajak pendapat yang ramalannya paling jitu di perpolitikan Amerika Serikat? Jangan kaget kalau jawabannya adalah anak-anak berusia di bawah 18 tahun yang otomatis belum memiliki hak pilih.

Sebagaimana dilansir USA Today kemarin (15/10), sejak 1940 alias dalam 17 edisi terakhir pemilihan presiden AS, para responden belia itu menebak dengan tepat siapa yang akan jadi pemenang sebanyak 15 kali. Artinya, mereka hanya dua kali salah. Yakni, pada Pemilu 1948 saat Harry Truman mengalahkan Thomas Dewey. Serta, pada 1960 ketika John F. Kennedy mengungguli Richard Nixon. Perlu dicatat, pada 1960 itu, survei terhadap anak-anak ditutup tepat sebelum debat terakhir Kennedy versus Nixon yang diyakini para analis merupakan penyebab perubahan hasil akhir.

Bagaimana dengan Pilpres AS 2008? Dari total sekitar 250 ribu anak pra-TK sampai pelajar remaja di bawah 18 tahun yang disurvei majalah Scholastic, 57 persen di antaranya memilih Barack Obama. Sedangkan John McCain meraup 39 persen.

"Anak-anak itu mendengarkan orang tua mereka, mereka berdiskusi masalah politik dalam keluarga masing-masing," ujar Rebecca Bondor, pemimpin redaksi Scholastic.

ALABAMA - Siapakah responden jajak pendapat yang ramalannya paling jitu di perpolitikan Amerika Serikat? Jangan kaget kalau jawabannya adalah anak-anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News