Siap Bangun Resor di Kaki Gunung Ijen

Siap Bangun Resor di Kaki Gunung Ijen
Kawah Ijen. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI - Pengembangan wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus dilakukan. Di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut, kini tengah disiapkan pembangunan resor tepat di kaki Gunung Ijen, gunung yang dikenal mempunyai kawah indah dengan fenomena api biru (blue fire) yang hanya ada dua di dunia, selain di Alaska.

"Kehadiran resor ini nantinya akan semakin meneguhkan Ijen sebagai destinasi wisata unggulan. Pembangunannya dimulai Januari 2014," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Resor tersebut dibangun dengan prinsip lingkungan yang ketat. Aspek sosial-budaya juga mendapat perhatian serius sehingga resor tersebut nantinya menjadi representasi dari kekayaan budaya Banyuwangi yang berpadu dengan keindahan alam.

Pembangunan resor ini akan dilakukan oleh investor David Makes yang dikenal sebagai ahli pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism). Puluhan tahun hidup David dihabiskan untuk mengembangkan pariwisata berbasis alam di kawasan konservasi. Dia dikenal sebagai chairman Sustainable Management Group (SMG).

David sendiri dikenal berhasil mengembangkan kawasan wisata di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) yang diberi nama Menjangan Jungle dan Beach Resort (MJBR). David mengembangkan sebagian kecil lahan di Taman Nasional Bali Barat untuk dibuat resor yang sangat ramah lingkungan.

David hadir di Banyuwangi untuk mempresentasikan konsep pengembangan resor yang menjadi bagian integral dari ekowisata di Gunung Ijen.

David menyatakan, resor tersebut akan dibangun kawasan Pos Paltuding yang tepat berada di kaki Gunung Ijen. Pos Paltuding adalah gerbang pendakian ke Gunung Ijen. Sejumlah pakar dilibatkan dalam pembangunan resor tersebut, termasuk pakar yang memahami karakteristik alam pegunungan.

"Kami lakukan persiapan matang. Aspek lingkungan dan sosial menjadi perhatian utama. Resor ini akan menyatu dengan alam, berharmoni dengan Ijen, sekaligus sebagai bagian edukasi peduli lingkungan," kata David.

BANYUWANGI - Pengembangan wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus dilakukan. Di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News