Siap Serahkan Lahan Hutan untuk Relokasi

Siap Serahkan Lahan Hutan untuk Relokasi
Warga di lereng Gunung Sinabung saat gunung berapi itu erupsi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kehutanan (Kemenhut) menyediakan lahan relokasi warga di liam desa di lereng Gunung Sinabung yang terdampak erupsi. Lahan kehutanan dimaksud lokasinya berada di Kabanjahe.

"Kalau bupati dan gubernur tidak mampu menyiapkan lahan, ada kawasan kita di Kabanjahe. Kita punya 9 ribu hektare lahan," kata Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan di KPK, Jakarta, Kamis (6/2).

Zulkifli mengatakan, lahan itu letaknya memang agak jauh dari Sinabung yaitu sekitar 20 kilometer. Karena itu dia menyerahkan kepada pemerintah daerah setempat apakah akan menggunakannya atau tidak. "Dipakai ayuk kalau tidak ya enggak apa-apa," ujarnya.

Menurut Zulkifli, memang ada lahan yang lebih dekat dari Sinabung yaitu Taman Nasional Leuseur. Akan tetapi sebuah taman nasional tidak boleh dijadikan perkampungan.

"Tidak boleh kalau mengubah taman nasional, panjang sekali prosesnya. Persetujuan bupati, gubernur, amdalnya cocok, kemudian DPR harus setuju. Padahal ini kan perlunya sekarang. Kalau Taman Leuser kami pasti tidak setujui karena prosesnya akan panjang sekali," ucapnya.

Politikus Partai Amanat Nasional itu menyatakan, pemerintah daerah setempat masih mencari lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat penampungan "Saat ini bupati sedang mencari yang paling dekat," ujar Zulkifli. (gil/jpnn)

 

JAKARTA - Kementerian Kehutanan (Kemenhut) menyediakan lahan relokasi warga di liam desa di lereng Gunung Sinabung yang terdampak erupsi. Lahan kehutanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News