Siapa Bilang Demokrat Partai Modern ?

Masih Ada Calon yang Getol Menjual Restu SBY

Siapa Bilang Demokrat Partai Modern ?
Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie
JAKARTA- Klaim Partai Demokrat sebagai Partai Modern perlu dipertanyakan lagi.  Lihat saja, pertarungan antar kandidat ketua umumnya.  Masing-masing  kandidat sudah melakukan klaim dukungan dari grass root  namun juga mengklaim mendapatkan restu  keluarga Cikeas. Setelah Anas mampu menggaet dukungan dari kalangan akar rumput (grass root), kubu Andi Mallarangeng (AM) terus bersoasialisasi ke daerah dengan membawa klaim restu SBY. Cara-cara ini sering dilakukan  partai-partai tradisional, partai yang masih bertumpu kepada ketokohan maupun figur pemimpinnya.

Pengamat politik LIPI, Indria Samego, klaim dukungan dari keluarga SBY ini justru membuktikan bahwa Partai Demokrat bukanlah partai modern. ”Yang dilakukan oleh Andi Mallarangeng dengan mengklaim telah mendapatkan restu dari SBY ataupun keluarganya, berarti telah menjastifikasi bahwa partai ini bukan

partai modern,” kata Indria saat dihubungi oleh INDOPOS.

:TERKAIT Menurut Samego, AM sangat menyadari bahwa posisi SBY sebagai dewan pembina, sekaligus Presiden RI masih memiliki peran yang besar hingga 2014. Sehingga peta  politik internal masih dianggap dibawah kendali SBY. ”Partai Demokrat tetap dibawah bayang-bayang SBY. Jadi Andi memahami hal ini, dengan mengaku telah  mendapatkan klaim dari dewan pembinanya. Harapannya akan diikuti oleh para konstituennya,” ucapnya.

Namun demikian, Indria menegaskan bahwa sikap yang diambil oleh AM ini akan membahayakan Partai Demokrat ke depannya. Pasalnya, dengan menyatakan bahwa partai ini masih di bawah kendali SBY, maka partai ini pun akan hidup seumur pemerintahan SBY dalam memimpin negeri ini.

JAKARTA- Klaim Partai Demokrat sebagai Partai Modern perlu dipertanyakan lagi.  Lihat saja, pertarungan antar kandidat ketua umumnya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News