Siapkan 3 Agenda Pascabencana, Mentan: Saya ke Sini Ditugaskan Bapak Presiden

Siapkan 3 Agenda Pascabencana, Mentan: Saya ke Sini Ditugaskan Bapak Presiden
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar memantau proses penanganan sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban bencana gempa bumi di Mamuju, Sabtu (23/1). Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, MAMUJU - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) didampingi Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar memantau langsung proses penanganan sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban bencana gempa bumi di Mamuju, Sabtu (23/1).

Selain itu, Mentan SYL dan jajarannya juga memberikan bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) secara serentak.

Menurut SYL, Kementan hadir di tengah masyarakat yang tertimpa musibah sesuai dengan perintah yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya ke sini yang pertama memang ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk meninjau secara langsung saudara-saudara kita di sini, kemudian memang ini adalah panggilan hati nurani,” kata Syahrul saat memberikan sambutan di posko tanggap darurat bencana, di halaman kantor gubernur Sulbar.

Menghadapi musibah di dua provinsi ini, Mentan menyebutkan dirinya memiliki tiga agenda bantuan bagi daerah tersebut.

Pertama, memastikan pangan cukup bagi para korban yang mengalami musibah bencana. Jangan sampau urusan pangan menjadi masalah bagi mereka.

Kedua, Syahrul menegaskan, dalam satu bulan ini ia diperintahkan untuk membuat gugus tugas di lokasi bencana.

"Jajaran kami akan check dan lakukan mapping secara langsung potensi pertanian di sini," katanya.

Selain karena perintah Presiden Jokowi, kehadiran Mentan SYL di lokasi bencana juga karena hati nurani. Dia menyiapkan tiga agenda penanganan pascabencana di Kalsel dan Sulbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News