Siapkan Dana Rp 56 Triliun, Seres Ambil Alih Merek Aito dari Huawei

Siapkan Dana Rp 56 Triliun, Seres Ambil Alih Merek Aito dari Huawei
Merek Aito yang diakuisisi oleh Seres dari Hiawei. Foto: Aito/carnewschina

jpnn.com - Seres dikabarkan telah menyiapkan dana sebesar 2,5 miliar yuan atau sekitar Rp 56,1 triliun, untuk mengambil alih merek dagang dan hak paten Aito dari Huawei.

Aito merupakan jenama hasil kolaborasi dari Huawei yang paling sukses dengan produsen mobil, yang dilakukan berdasarkan tiga model bisnis yang berbeda.

Model paling dasar dari ketiganya ialah Huawei yang menyediakan komponen seperti Lidar, motor listrik, dan sebagainya.

Lalu ada Huawei Inside yang menyediakan kokpit dan solusi berkendara cerdas, tetapi tidak terlibat dalam desain, produksi, atau penjualan kendaraan.

Aito merupakan bagian dari level HIMA (Harmony Intelligent Mobility Alliance), di mana Huawei juga terlibat dengan elemen lain termasuk desain, produksi, penjualan, purna jual, dan tahap lain dari kendaraan tetapi tidak sampai pada tahap produksi mobil itu sendiri.

Aito merupakan merek pertama di bawah model HIMA, dan didirikan pada 2021.

Kesepakatan itu mencakup 919 hak merek dagang terdaftar atau tertunda, dan 44 paten tampilan yang dimiliki oleh Huawei.

Meskipun aset-aset tersebut bernilai 10,2 miliar yuan pada Mei 2024, kesepakatan itu tampaknya hanya berfokus pada perubahan kepemilikan aset-aset tersebut dan bukan perubahan apa pun dalam operasi Aito.

Seres dikabarkan telah menyiapkan dana sebesar 2,5 miliar yuan atau sekitar Rp 56,1 triliun, untuk mengambil alih merek dagang dan hak paten Aito dari Huawei.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News