Siapkan Sandi untuk Amankan Data Kepegawaian

Lemsaneg Segera Gandeng BKN

Siapkan Sandi untuk Amankan Data Kepegawaian
Siapkan Sandi untuk Amankan Data Kepegawaian
JAKARTA - Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) akan terus memperluas fungsi dan perannya dalam menjaga keamanan dokumen negara yang termasuk dalam klasifikasi rahasia. Salah satu yang akan diamankan Lemsaneg adalah data tentang catatan para abdi negara.

Kepala Direktorat Pengamanan Sinyal Deputi Pengamanan Persandian Lemsaneg, Pratama D. Persadha menyatakan bahwa pihaknya akan menyediakan kode rahasia (kriptografi) untuk membantu institusi TNI/Polri, Badan Intelijen Negara (BIN) dalam mengamankan data kepegawaian. Selain itu, data para PNS di Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga harus terjaga kerahasiaannya.

"Mengamankan informasi melalui persandian dengan kriptografi adalah hal yang penting, agar kebocoran tidak terjadi.  Lembaga Sandi Negara akan terus melakukan pengamanan data dan informasi penting di seluruh instansi pemerintah," ucap Pratama di Jakarta, Minggu (23/12).

Menurutnya, saat ini saja terdapat sekitar 4,7 juta pegawai negeri termasuk di lingkungan POLRI, TNI, BIN yang tercatat di BKN. Karena itu, lanjut Pratama, pengamanan data rahasia itu sangat penting agar tidak dibobol atau jatuh ke pihak musuh yang tak kasatmata.

JAKARTA - Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) akan terus memperluas fungsi dan perannya dalam menjaga keamanan dokumen negara yang termasuk dalam klasifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News