Sidak Tambang Liar, Gubernur Sumbar Temukan Ratusan Eskavator

Sidak Tambang Liar, Gubernur Sumbar Temukan Ratusan Eskavator
Sidak Tambang Liar, Gubernur Sumbar Temukan Ratusan Eskavator
SOLSEL - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tampaknya mulai gerah dengan terus beroperasinya tambang-tambang emas ilegal di sejumlah daerah di Sumbar, yang merusak lingkungan hingga jatuhnya korban jiwa.

Rabu sore (24/10), gubernur melakukan inspeksi mendadak ke sub daerah aliran sungai (DAS) Batang Hari di Solok Selatan. Saat rombongan gubernur datang meninjau lokasi DAS Batang Hari, para penambang liar berupaya menyembunyikan eskavator mereka ke semak-semak. Mereka kocar-kacir meninggalkan lokasi penambangan begitu mendengar sirene mobil polisi yang mengawal gubernur.

Pantauan Padang Ekspres di salah satu lokasi tambang, yaitu Nagari Ulang Aling, Kabupaten Solok, sekitar 200 eskavator melakukan aktivitas penambangan di lokasi itu. Meski begitu, tidak ada tindakan penyitaan terhadap peralatan yang ditemukan di lokasi itu.

Dalam sidak yang diikuti Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman, Sekkab Fachril Murad, Kadis Pertanian Djoni, dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Solsel itu didapati 10 titik penambangan liar yang aktif.

SOLSEL - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tampaknya mulai gerah dengan terus beroperasinya tambang-tambang emas ilegal di sejumlah daerah di Sumbar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News