Simak, 3 Kegagalan Jokowi di Maluku Versi Mahasiswa

Simak, 3 Kegagalan Jokowi di Maluku Versi Mahasiswa
Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UKIM Johan Marfindo Kwee menyebut ada tiga kegagalan Jokowi di Maluku. Supplied for JPNN.com.

jpnn.com - AMBON - Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Johan Marfindo Kwee menyebut tiga kegagalan Presiden Joko Widodo di Maluku selama menjabat dua periode.

Johan menilai kegagalan tersebut sangat berimbas bagi kesejahteraan masyarakat sehingga diharapkan tidak terulang di kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto.

Pertama, gagal menghadirkan undang-undang wilayah kepulauan. Hal tersebut sangat merugikan daerah-daerah berbasis kepulauan di antaranya Provinsi Maluku.

Menurut Johan, Maluku merupakan provinsi kepulauan di mana lautan lebih luas dibandingkan daratan. Maluku sebagai wilayah kepulauan dalam hal ini tentunya perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat.

"Daerah kepulauan tidak meminta mendapat otonomi khusus, tetapi undang-undang wilayah kepulauan harus disahkan. Namun undang-undang kepulauan hanya menjadi isu dan tidak pernah dibahas apalagi disahkan," ujar Johan dalam keterangannya, Kamis (24/10).

Kedua, gagal menjadikan Ambon new port dan lumbung ikan nasional. Padahal, Indonesia sebagai poros maritim dunia telah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014 atau tahun pertama kepemimpinannya.

Namun seiring dengan berakhirnya kepemimpinan Jokowi di periode pertama, Indonesia sebagai poros maritim dunia tak pernah terwujud. Bahkan, di periode kedua persoalan poros maritim sama sekali tak disinggung.

"Jokowi menjanjikan banyak hal untuk masyarakat Maluku tetapi hal tersebut tidak pernah terealisasikan. Ambon New Port juga hanya menjadi isu. Padahal apabila Ambon new port dan lumbung ikan nasional dibangun di Maluku tentu sangat menguntungkan masyarakat serta membantu proses perekonomian negara," katanya.

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UKIM menyebut ada tiga kegagalan Jokowi di Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News